Minggu, 17 Januari 2016

SETITIK HARAPAN AWAL TAHUN 2016






Sejak tahun 2007 hingga sekarang, para pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) di Propinsi Nusa Tenggara Timur seperti para pendamping dan operator, Tim UPPKH Propinsi dan Kabupaten, services provider telah melakukan banyak hal untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di NTT. Para pelaksana program ini tidak hanya secara regular melakukan kegiatan validasi, verifikasi, penyaluran, pemutakhiran, Bimbingan teknis, Rapat koordinasi, monitoring dan evaluasi, tetapi juga telah menciptakan beragam pengalaman serta kisah suka dan duka. Dari perencanaan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi, telah dijalani oleh para pelaksana program tidak sebagai sebuah rutinitas biasa, tetapi sebagai sebuah proses “eksplorasi dan penemuan”.
Patut diapresiasi bahwa intervensi Program Keluarga Harapan dan kerjasama semua pihak telah berkontribusi pada perbaikan kualitas kehidupan Keluarga Sangat Miskin (KSM). Sepantasnyalah bahwa produk dari karya dan kerja keras ini didokumentasikan dengan baik; karena kalau tidak, memori program akan perlahan-lahan sirna.
Proses dokumentasi program yang terstruktur dan sistematis menjadi sumber pembelajaran tidak hanyak bagi para pelaku program itu sendiri tetapi juga bisa bagi masyarakat luas. Data dan informasi sebagai produk dari aktivitas para pelaksana program seharusnya menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi perbaikan kualitas kerja ke arah yang lebih baik.

Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Propinsi Nusa Tenggara Timur mengambil inisiatif untuk menjadikan blog ini sebagai tempat sharing data, informasi,  ide, semangat, ataupun pengetahuan antara para pelaksana Program Keluarga Harapan. Pengalaman individu, pengalaman kelompok, pengalaman organisasi atau institusi mesti direfleksikan dan di-sharing-kan dengan orang lain. Semoga ruang ini berkontribusi pada terciptanya pembelajaran bersama. Mari jadikan Program Keluarga Harapan tempat “Meraih Keluarga Sejahtera”. Mari jadikan blog ini tempat menyambung rasa. Salam PKH. (Korwil)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar