Selasa, 02 Februari 2016

PENYALURAN BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN BAGI 2 KECAMATAN PENGEMBANGAN TAHUN 2015 KOTA KUPANG


         Kota Kupang merupakan salah satu Kabupaten / Kota yang pada tahun 2015 memperoleh penambahan KSM bagi 2 Kecamatan Pengembangan yaitu Kecamatan Kota Lama dan Kecamatan Kota Raja. Terhitung bulan Juni 2015 dimulai dengan perekrutan pendamping yang dilakukan oleh UPPKH Pusat dan 3 pendamping yang dinyatakan lulus untuk 2 Kecamatan Pengembangan.

            Pendamping mulai melaksanakan tugas pokok mereka sejak tanggal 1 Agustus 2015 diawali dengan Bimtek Validasi yang dilaksanakan di Kabupaten Timor Tengah Selatan pada tanggal 13 – 15 Agustus 2015. Berdasarkan data PPLS, data awal yang diterima oleh pendamping untuk dilakukan validasi adalah Kota Raja sebanyak 733 calon penerima PKH dan Kota Lama sebanyak 316 calon penerima PKH.Seluruh calon penerima PKH sudah dibekali dengan pemahaman mengenai Program Keluarga Harapan melalui Pertemuan Awal yang telah dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2015 untuk Kecamatan Kota Lama sementara Kecamatan Kota Raja dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 7 dan 9 Oktober 2015.

            Dari hasil validasi yang telah dilakukan oleh pendamping dan diinput data dalam Aplikasi SIM HYBRID PKH diperoleh data yang telah valid dan memenuhi kriteria serta persyaratan Program Keluarga Harapan Kota Raja sebanyak 463 Keluarga Sangat Miskin dan Kota Lama sebanyak 242 Keluarga Sangat Miskin dan telah sah dinyatakan sebagai peserta Program Keluarga Harapan dan terhitung Tahap 4 Tahun 2015 seluruh KSM sudah bisa menerima bantuan.

            Launching penyaluran bantuan bagi 2 (dua) Kecamatan Pengembangan tahun 2015 terlaksana pada tanggal 25 – 26 Januari 2015 dengan total alokasi anggaran dari Kementerian Sosial sebesar Rp.430.600.000,00 dengan perincian Kota Lama sebesar Rp.144.975.000,00 dan Kota Raja sebesar Rp.285.625.000,00.
Pelaksanaan penyaluaran bantuan PKH dilaksanakan di dua Kantor Pos Kecamatan, Kota Lama bertempat di Kantor Pos Kelapa Lima sementara Kota Raja bertempat di Kantor Pos Fontein. Seluruh pelaksanaan pembayaran berjalan dengan baik diawali dengan Breafing yang dilakukan oleh Koordinator Kota Kupang kepada seluruh KSM agar mereka bisa memiliki pemahaman dan pengatuan yang baik mengenai mekanisme pelaksanaan Program Keluarga Harapan dan mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka menjadi peserta PKH.

            Antusiasme KSM begitu baik dan mereka sangat bersyukur bahwa Pemerintah Pusat dalam Hal ini Kementerian Sosial sudah mempunyai kepedulian terhadap Warga Negara Indonesia dengan memberikan bantuan kepada Keluarga Sangat Miskin dan diharapkan bahwa dengan adanya bantuan PKH ini bisa diperuntukan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan Ibu Hamil/Nifas,Balita,Apras dan Usia Pendidikan dari Anak SD sampai SMA dan mendorong seluruh peserta PKH baik Komponen Pendidikan maupun Komponen Kesehatan untuk meningkatkan askes ke pelayanan kesehatan dan pendidikan dengan demikian apa yang menjadi harapan Program Keluarga Harapan bisa terwujud Membangun Keluarga Sejaterah Rakyat Sehat Rakyat Cerdas. Akhir kata semoga pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kota Kupang semakin baik dan seluruh pelaksana PKH dapat menjalankan tugas pokok mereka dengan penuh tanggung jawab dan suka cita baik dari tingkat Tim UPPKH Kota Kupang, Koordinator Kota,Operator, Pendamping dan KSM sehingga tujuan pokok Program Keluarga Harapan Memutus Mata Rantai Kemiskinan Dapat Tercapai. Salam Koordinator Kota Kupang Grace






Tidak ada komentar:

Posting Komentar